WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-FISIKA SMP

Kamis, 15 November 2012

6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                             :   SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester           :   VIII (Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran               :   IPA (Fisika)
Alokasi waktu                 :   4 X 40’ ( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
6.      Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
6.2  Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
 
A.      Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian bunyi.
2.      Menyelidiki penyebab timbulnya bunyi.
3.      Menjelaskan syarat terjadi dan terdengarnya bunyi.
4.      Menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi.
5.      Mengukur cepat rambat bunyi.
6.      Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi.
7.      Menentukan cepat rambat bunyi pada beberapa medium.
8.      Membedakan pengertian infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.
9.      Menyebutkan contoh infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.
10.   Menyebutkan pemanfaatan bunyi ultrasonik dalam kehidupan sehari-hari.
11.   Menjelaskan faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi.
12.   Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi.
13.   Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi.
14.   Membuat organ botol.
15.   Menjelaskan pengertian resonansi.
16.   Mengamati terjadinya resonansi pada garpu tala.
17.   Mengamati terjadinya resonansi pada bandul sederhana.
18.   Menjelaskan aplikasi konsep resonansi pada alat musik.
19.   Menjelaskan masalah yang ditimbulkan resonansi.
20.   Menjelaskan syarat terjadinya pemantulan bunyi.
21.   Menemukan hukum pemantulan bunyi.
22.   Menyebutkan jenis-jenis bunyi pantul.
23.   Membedakan antara gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.
24.   Menjelaskan manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø   Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1.     Disiplin (discipline)                                                                4.     Tanggung jawab (responsibility)
2.     Rasa hormat dan perhatian (respect)                                5.     Ketelitian (carefulness)
3.     Tekun (diligence)

B.     Materi Pembelajaran
        Bunyi

C.     Metode Pembelajaran
1.      Model       :     -     Direct Instruction (DI)                                  
                                   -     Cooperative Learning
2.      Metode     :     -     Diskusi kelompok                                        -       Eksperimen      
                                 -       Observasi                                                     -      Ceramah


D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi dan Apersepsi:
-     Mengapa senar gitar yang kita petik dapat terdengar?
-     Benarkah cepat rambat bunyi tak berhingga besarnya?
Ø Prasyarat pengetahuan:
-     Apakah syarat terjadi dan terdengarnya bunyi?
-     Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi.
Ø Pra eksperimen:
-     Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bunyi.
§  Peserta didik dapat menyelidiki penyebab timbulnya bunyi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan syarat terjadi dan terdengarnya bunyi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi.
§  Peserta didik dapat mengukur cepat rambat bunyi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
Ø Elaborasi
§  Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bunyi.
§  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
§  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah gendang, sebuah gitar, dan sebuah garpu tala.
§  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki penyebab timbulnya bunyi.
§  Peserta didik dalam setiap kelompok melak
§  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§  Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§  Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Ø Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
50 menit
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
15 menit

Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi dan Apersepsi:
-     Berapakah batas kemampuan pendengaran manusia?
-     Adakah pengaruh tinggi rendahnya frekuensi terhadap bunyi yang dihasilkan?
Ø Prasyarat pengetahuan:
-     Apakah yang dimaksud dengan audiosonik?
-     Faktor apakah yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi?
Ø Pra eksperimen:
-     Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§  Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi.
§  Peserta didik dapat membuat organ botol.
§  Peserta didik dapat menjelaskan pengertian resonansi.
§  Peserta didik dapat mengamati terjadinya resonansi pada garpu tala.
§  Peserta didik dapat mengamati terjadinya resonansi pada bandul sederhana.
§  Peserta didik dapat menjelaskan aplikasi konsep resonansi pada alat musik.
§  Peserta didik dapat menjelaskan masalah yang ditimbulkan resonansi.
§  Peserta didik dapat menjelaskan syarat terjadinya pemantulan bunyi.
§  Peserta didik dapat menemukan hukum pemantulan bunyi.
§  Peserta didik dapat menyebutkan jenis-jenis bunyi pantul.
§  Peserta didik dapat membedakan antara gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat bunyi asli.
§  Peserta didik dapat menjelaskan manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Elaborasi
§  Guru memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
§  Guru memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
§  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§  Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
§  Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
§  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
50 menit
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
15 menit

E.      Sumber Belajar
a.     Buku IPA Fisika
b.     Buku referensi yang relevan
c.     Alat dan bahan praktikum
d.     Lingkungan


F.      Penilaian Hasil Belajar                                                                              
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
Tes tulis

 Tes uraian

Jelaskan perbedaan antara infrasonik, ultrasonik, audiosonik.
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi
Tes unjuk kerja

Uji petik kerja prosedur

Lakukan percobaan tentang resonansi dan buatlah kesimpulannya.

Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam  dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
Tes tulis

Tes uraian
Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang pemanfaatan pemantulan bunyi.


Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19                                                                                                                          NIP. 19

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More