WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-FISIKA SMP

Selasa, 06 November 2012

3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH             :  SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL                  :  Fisika-Kimia
KELAS /SMT        :  VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU                 :   2 x 1 jam pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI
        3.     Menjelaskan Konsep Partikel Materi

B.    KOMPETENSI DASAR
        3.1  Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul

C.   INDIKATOR
1.     Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
2.     Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri dari ion-ion.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat memahami konsep struktur atom
2.     Siswa dapat memahami perkembangan teori atom
3.     Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom
4.     Siswa dapat memberikan contoh tentang atom
5.     Siswa dapat memahami konsep ion
6.     Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
7.     Siswa dapat memahami konsep molekul
8.     Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
9.     Siswa dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol
10.   Siswa diharapkan memilki karakter:
w  Disiplin ( Discipline )
w  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w  Tekun ( diligence )
w  Tanggung jawab ( responsibility )
w  Ketelitian ( carefulness)

E.    MATERI BELAJAR
       Atom, ion dan molekul

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.     Metode                                  :  - Direct Instruction (DI).
                                                            - Cooperative Learning.
2.     Model Pembelajaran         :  - Diskusi kelompok.   
  - Ceramah.
                                                                    - Eksperimen.
                                                                    - Observasi.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.    Motivasi
       Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.    Pengetahuan Prasarat
Siswa telah memahami arti materi
15 Menit
2.
Kegiatan Inti:
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru melakukan diskusi informasi kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
50 Menit
3.
Penutup :
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
15 Menit

G.    SUMBER BELAJAR
a.    Buku IPA Terpadu 8
b.    Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.    Alat dan bahan praktikum

H.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
·         Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.
Tes tulis


Tes tulis
Tes uraian


Tes PG
Deskripsikan pengertian  atom, ion dan molekul



Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19610413 198803 1 013                                                                                  NIP. 19660102 199001 1 001

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More