RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL
: Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU
: 2 x 1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan Konsep Partikel Materi
B. KOMPETENSI DASAR
3.2
Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia
sehari-hari
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan
hubungan atom, ion, dan molekul.
2. Mendeskripsikan komponen penyusun salah
satu produk kimia.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat memahami konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
2.
Siswa
dapat memahami perkembangan teori atom,ion, dan molekul
3.
Siswa dapat mendefinisikan pengertian
atom, ion, dan molekul
4.
Siswa dapat memberikan contoh tentang
atom, ion, dan molekul
5.
Siswa dapat memahami konsep ion
6.
Siswa dapat memberikan contoh tentang
kation dan anion
7.
Siswa dapat memahami konsep molekul
8.
Siswa dapat memberikan contoh tentang
molekul
9.
Siswa dapat membedakan molekul unsur
dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.
10. Siswa diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Hubungan atom,ion dan molekul dengan
produk kimia
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok.
- Ceramah.
- Eksperimen.
- Observasi.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah
kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.
Pengetahuan Prasarat
Siswa
telah memahami arti materi
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan
produk kimia sehari-hari
·
melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
·
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,.
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan hubungan
atom, ion dan molekul
·
Mendeskripsikan
komponen penyusun salah satu produk kimia
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes
uraian
|
Deskripsikan
hubungan atom, ion dan molekul
Sebutkan
komponen yang menyusun air accu
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19610413 198803 1 013 NIP.
19660102 199001 1 001
0 komentar:
Posting Komentar