WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-"FISIKA" SMP NEGERI 1 BANCAR - TUBAN

Rabu, 07 November 2012

3.2 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SEKOLAH             :  SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL                  :  Fisika-Kimia
KELAS /SMT        :  VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU                 :   2 x 1 jam pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI
        3.     Menjelaskan Konsep Partikel Materi

B.    KOMPETENSI DASAR
        3.2  Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari

C.   INDIKATOR
1.     Menjelaskan hubungan atom, ion, dan molekul.
2.     Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia.

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat memahami konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
2.     Siswa dapat memahami perkembangan teori atom,ion, dan molekul
3.     Siswa dapat mendefinisikan pengertian atom, ion, dan molekul
4.     Siswa dapat memberikan contoh tentang atom, ion, dan molekul
5.     Siswa dapat memahami konsep ion
6.     Siswa dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
7.     Siswa dapat memahami konsep molekul
8.     Siswa dapat memberikan contoh tentang molekul
9.     Siswa dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.
10.   Siswa diharapkan memilki karakter:
w  Disiplin ( Discipline )
w  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w  Tekun ( diligence )
w  Tanggung jawab ( responsibility )
w  Ketelitian ( carefulness)

E.    MATERI BELAJAR
       Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.     Metode                                  :  - Direct Instruction (DI).
                                                            - Cooperative Learning.
2.     Model Pembelajaran         :  - Diskusi kelompok.   
  - Ceramah.
                                                                    - Eksperimen.
                                                                    - Observasi.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.     Motivasi
Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.     Pengetahuan Prasarat
Siswa telah memahami arti materi

15 Menit
2.
Kegiatan Inti:
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;.
b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,.

50 Menit
3.
Penutup :
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;

15 Menit

G.    SUMBER BELAJAR
a.    Buku IPA Terpadu 8
b.    Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.    Alat dan bahan praktikum

H.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
·         Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia
Tes tulis


Tes tulis

Tes uraian


Tes uraian
Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul

Sebutkan komponen yang menyusun air accu


    


Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19610413 198803 1 013                                                                                  NIP. 19660102 199001 1 001





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More