RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Alokasi waktu : 4 X 40’
( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam
produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
6.2 Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian bunyi.
2.
Menyelidiki penyebab timbulnya bunyi.
3.
Menjelaskan syarat terjadi dan
terdengarnya bunyi.
4.
Menjelaskan pengertian cepat rambat
bunyi.
5.
Mengukur cepat rambat bunyi.
6.
Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi cepat rambat bunyi.
7.
Menentukan cepat rambat bunyi pada
beberapa medium.
8. Membedakan
pengertian infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.
9. Menyebutkan
contoh infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.
10. Menyebutkan pemanfaatan bunyi ultrasonik dalam
kehidupan sehari-hari.
11. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi tinggi
rendahnya bunyi.
12. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya
bunyi.
13. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas
bunyi.
14. Membuat organ botol.
15.
Menjelaskan pengertian resonansi.
16.
Mengamati terjadinya resonansi pada
garpu tala.
17. Mengamati terjadinya resonansi pada bandul
sederhana.
18. Menjelaskan aplikasi konsep resonansi pada alat
musik.
19. Menjelaskan masalah yang ditimbulkan resonansi.
20.
Menjelaskan syarat terjadinya
pemantulan bunyi.
21.
Menemukan hukum pemantulan bunyi.
22. Menyebutkan
jenis-jenis bunyi pantul.
23. Membedakan antara gaung, gema dan bunyi pantul yang
memperkuat bunyi asli.
24. Menjelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline) 4. Tanggung jawab (responsibility)
2. Rasa hormat dan perhatian (respect) 5. Ketelitian (carefulness)
3. Tekun (diligence)
B. Materi Pembelajaran
Bunyi
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen
- Observasi - Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan
Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa senar gitar yang kita petik dapat
terdengar?
- Benarkah cepat rambat bunyi tak berhingga
besarnya?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah syarat terjadi dan terdengarnya
bunyi?
- Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi
cepat rambat bunyi.
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian bunyi.
§ Peserta
didik dapat menyelidiki penyebab timbulnya bunyi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan syarat terjadi dan terdengarnya bunyi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian cepat rambat bunyi.
§ Peserta
didik dapat mengukur cepat rambat bunyi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi cepat rambat bunyi
Ø Elaborasi
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§ Guru
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bunyi.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh bunyi dalam kehidupan
sehari-hari.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah gendang, sebuah gitar, dan
sebuah garpu tala.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki
penyebab timbulnya bunyi.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melak
§ memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
§
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Berapakah batas kemampuan pendengaran
manusia?
- Adakah pengaruh tinggi rendahnya frekuensi
terhadap bunyi yang dihasilkan?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah yang dimaksud dengan audiosonik?
- Faktor apakah yang mempengaruhi tinggi
rendahnya bunyi?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya bunyi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi kuat lemahnya bunyi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan faktor yang mempengaruhi kualitas bunyi.
§ Peserta
didik dapat membuat organ botol.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian resonansi.
§ Peserta
didik dapat mengamati terjadinya resonansi pada garpu tala.
§ Peserta
didik dapat mengamati terjadinya resonansi pada bandul sederhana.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan aplikasi konsep resonansi pada alat musik.
§ Peserta didik dapat menjelaskan masalah yang
ditimbulkan resonansi.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan syarat terjadinya pemantulan bunyi.
§ Peserta
didik dapat menemukan hukum pemantulan bunyi.
§ Peserta
didik dapat menyebutkan jenis-jenis bunyi pantul.
§ Peserta
didik dapat membedakan antara gaung, gema dan bunyi pantul yang memperkuat
bunyi asli.
§ Peserta didik dapat menjelaskan
manfaat pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Elaborasi
§
Guru memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis.
§ Guru
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
§
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§
memberikan umpan balik terhadap proses
dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan
audiosonik
|
Tes
tulis
|
Tes
uraian
|
Jelaskan
perbedaan antara infrasonik, ultrasonik, audiosonik.
|
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
Menunjukkan gejala resonansi dalam
kehidupan sehari-hari.
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju
bunyi
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan
percobaan tentang resonansi dan buatlah kesimpulannya.
|
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak
pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan
sehari-hari dan teknologi
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Sebutkan
contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang pemanfaatan pemantulan bunyi.
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19 NIP.
19
0 komentar:
Posting Komentar