RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL
: Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan) /Semester 1
WAKTU
: 4 x 1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
B. KOMPETENSI DASAR
4.1
Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari
C. INDIKATOR
1. Menyebutkan
bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Menjelaskan
fungsi bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pembersih
2.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pemutih
3.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum
4.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama
5. Siswa
dapat mengetahui efek samping penggunaan bahan kimia
6. Siswa
dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan
bahan-bahan kimia.
7.
Siswa
diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Bahan
Kimia Dalam Rumah Tangga
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok. -
Eksperimen
- Ceramah. -
Observasi
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah kamu mencium bau yang
khas dari sabun mandi
b.
Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jika mencium dari
larutan yang berbahaya (pestisida)
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat Memahami kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
·
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,.
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menyebutkan
bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan efek samping bahan kimia
yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes
isian
|
Sebutkan
bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman !
Efek
samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ....
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
196 NIP.
196
0 komentar:
Posting Komentar