RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika-Kimia)
Alokasi waktu : 6 X 40’
( 3 X pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana.
2. Menyebutkan
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
3. Menjelaskan mekanisme pesawat sederhana yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari hari.
4. Menyebutkan
macam-macam tuas.
5. Menjelaskan
prinsip kerja tuas.
6. Menjelaskan
keuntungan mekanik tuas.
7. Menjelaskan
keuntungan mekanik katrol.
8. Menjelaskan
prinsip kerja bidang miring.
9. Menjelaskan
keuntungan mekanik bidang miring.
10. Menyebutkan
contoh pemanfaatan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.
11. Menyelidiki
bidang miring pada sekrup.
12. Menjelaskan
prinsip kerja roda gigi (gir).
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline)
2. Rasa hormat
dan perhatian (respect)
3. Tekun (diligence)
4. Tanggung
jawab (responsibility)
5. Ketelitian (carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Energi dan Usaha
C. Metode
Pembelajaran
1. Model : - Direct
Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen
- Observasi - Ceramah
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Benarkah
yang disebut pesawat harus selalu peralatan rumit dan menggunakan teknologi tinggi?
- Bagaimana menghitung keuntungan mekanik
sistem katrol?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan pesawat sederhana?
- Apakah
yang dimaksud dengan keuntungan mekanik?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik tuas.
§ Peserta
didik memperhatikan prinsip kerja katrol yang disampaikan oleh guru.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik katrol.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan keuntungan mekanik
tuas dan katrol.
Ø Elaborasi
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pesawat sederhana.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan pesawat sederhana yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebilah papan yang kuat sepanjang
1 m, sebuah beban bermassa kira-kira 10 kg, kayu berbentuk prisma segitiga,
dan sebuah neraca pegas dengan skala terbesar 500 N.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati prinsip
kerja tuas
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan
dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang
belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai macam-macam tuas berdasarkan
susunan kuasa, penumpu, dan beban.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan prinsip kerja tuas.
§ Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
§ Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§ Guru
memberikan beberapa soal menentukan keuntungan mekanik tuas dan katrol untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
§ Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§ Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
§
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
§ Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua dan Ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Benarkah
dengan menggunakan bidang miring, gaya dorong yang dibutuhkan menjadi lebih
kecil daripada berat beban?
- Adakah
pesawat sederhana yang dapat menggandakan gerakan?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana
prinsip kerja bidang miring?
- Bagaimana
prinsip kerja roda gigi (gir)?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik memperhatikan prinsip kerja bidang miring yang disampaikan oleh guru.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan keuntungan mekanik bidang miring.
§ melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar
dari aneka sumber;
§ menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Ø Elaborasi
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil selembar kertas, gunting, dan
pensil.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menyelidiki bidang
miring pada sekrup (Kegiatan 2.10 h.50).
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan
dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang
belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
§ Guru
memberikan beberapa soal menentukan keuntungan mekanik bidang miring untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
§ Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pemanfaatan bidang miring
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara klasikal.
§ Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§ Peserta
didik memperhatikan prinsip kerja roda gigi (gir) yang disampaikan oleh guru.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§ Guru
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut;
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
§ memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
§ berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik
yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
§ membantu
menyelesaikan masalah;
§ memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
§ memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
§ memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§ bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
§ memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menunjukkan
penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang
tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi (gear)
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
|
Lakukan
percobaan dengan menggunakan alat-alat untuk menemukan konsep pesawat
sederhana
|
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif
sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
|
Tes
tulis
|
Isian
|
Untuk
memudahkan melakukan pekerjaan digunakan ....
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
196 NIP.
196
0 komentar:
Posting Komentar