RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : IPA (Fisika)
Alokasi waktu : 4 X 40’
( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip usaha dan energi serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan
pengertian energi.
2. Menyebutkan
satuan energi.
3. Menyebutkan
bentuk-bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menyebutkan
aplikasi konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari.
5. Mengamati
perubahan bentuk energi.
6. Menyebutkan
hukum kekekalan energi.
7. Menjelaskan
pengertian energi mekanik.
8. Membedakan
konsep energi kinetik dan energi potensial.
9. Menyebutkan
bunyi hukum kekekalan energi mekanik.
10. Menjelaskan
pengertian usaha.
11. Menjelaskan
kaitan antara energi dan usaha.
12. Membedakan
usaha yang bernilai positif dan usaha yang bernilai negatif.
13. Menghitung
usaha oleh beberapa buah gaya.
14. Menjelaskan
pengertian daya.
15. Menyebutkan
satuan daya.
16. Menentukan
besarnya daya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline)
2. Rasa hormat
dan perhatian (respect)
3. Tekun (diligence)
4. Tanggung
jawab (responsibility)
5. Ketelitian (carefulness)
B. Materi
Pembelajaran
Energi dan Usaha
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct
Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
- Ceramah
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
Pertama
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa
setelah melakukan sejumlah aktivitas tubuh kita terasa lemas?
- Dapatkah manusia menciptakan energi?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan energi?
- Apakah
bunyi hukum kekekalan energi?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan energi potensial dan energi
kinetik suatu benda.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan energi potensial dan energi
kinetik.
Ø Elaborasi
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian energi.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan satuan energi.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai bentuk-bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
§ Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perubahan energi.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lampu listrik, setrika listrika,
dua batang kayu kering, sebongkah batu, dua batang besi, senter dan
baterainya, aki mobil, lampu bohlam 12 V, dan dua utas kabel.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan
bentuk energi
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan
dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang
belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi.
§ Perwakilan
peserta didik untuk menyebutkan bunyi hukum kekekalan energi.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan energi mekanik.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara energi potensial
dan energi kinetik.
§ Guru
memberikan beberapa soal menentukan energi potensial dan energi kinetik untuk
dikerjakan oleh peserta didik.
§ Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§ Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
§ Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah
syarat energi mekanik suatu benda bernilai konstan?
- Apakah
lifter yang mengangkat beban tergolong melakukan usaha?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan hukum kekekalan energi mekanik?
- Apakah
yang dimaksud dengan usaha?
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian energi mekanik.
§ Peserta
didik memperhatikan cara menentukan rumusan daya yang disampaikan oleh guru.
§ Guru
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
§ Guru
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain.
§ Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.
§ Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau
lapangan.
Ø Elaborasi
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum kekekalan energi mekanik.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum kekekalan energi mekanik.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan syarat energi mekanik suatu benda
bernilai konstan.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian usaha.
§ Peserta
didik memperhatikan cara menentukan rumusan usaha yang dilakukan suatu benda
yang disampaikan oleh guru.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan usaha yang disampaikan oleh guru.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai kaitan usaha dan energi.
§ Guru
memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belaja,
§ Guru
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§ bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
§ memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas
baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku
IPA Fisika
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menunjukkan
bentuk-bentuk energi dan
contohnya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Apakah
yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk energi?
|
Mengaplikasikan konsep energi dan
perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Dalam
rangkaian listrik tertutup dengan sebuah lampu terjadi perubahan energi ....
|
Membedakan konsep energi kinetik dan energi
potensial pada suatu benda yang bergerak
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Jelaskan
perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.
|
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui
contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Jelaskan
hukum kekekalan energi dan berikan contohnya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan
kaitan antara energi dan usaha
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Apakah
perbedaan antara energi dan usaha?
|
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Isian
|
Daya
merupakan kecepatan dalam melakukan ......
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
196 NIP.
196
0 komentar:
Posting Komentar