RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika-Kimia
Alokasi waktu : 6 X 40’
( 3 X pertemuan )
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam
produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
6.1 Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya.
A. Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian getaran.
2.
Menyebutkan contoh getaran dalam
kehidupan sehari-hari.
3.
Mengamati getaran.
4.
Membedakan antara simpangan dan
amplitudo.
5. Menjelaskan
pengertian periode suatu getaran.
6.
Menentukan periode getaran.
7. Mengamati kaitan antara
periode dan amplitudo.
8. Menjelaskan
pengertian frekuensi suatu
getaran.
9. Menjelaskan
hubungan antara periode dan frekuensi suatu
getaran.
10. Menjelaskan pengertian
gelombang.
11. Mengamati gelombang pada tali.
12. Menjelaskan gelombang membawa
energi selama perambatannya.
13. Membedakan antara gelombang
mekanik dan gelombang elektromagnetik.
14. Menjelaskan pengertian
gelombang transversal.
15. Menyebutkan contoh gelombang
transversal.
16. Mengamati gelombang
transversal pada slinki.
17. Menjelaskan pengertian istilah-istilah
yang berkaitan dengan gelombang transversal.
18. Menjelaskan pengertian
gelombang longitudinal.
19. Menyebutkan contoh gelombang
longitudinal.
20. Mengamati gelombang
longitudinal pada slinki.
21. Menjelaskan
pengertian kecepatan rambat gelombang.
22. Menjelaskan
pengertian panjang gelombang.
23. Menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat
rambat gelombang, dan panjang gelombang.
24. Menjelaskan pemantulan
gelombang.
25. Menjelaskan penerapan konsep
gelombang dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline) 4. Tanggung jawab (responsibility)
2. Rasa hormat dan perhatian (respect) 5. Ketelitian (carefulness)
3. Tekun (diligence)
B. Materi Pembelajaran
Getaran dan Gelombang
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI) - Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen
- Observasi - Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah
yang terjadi jika senar gitar kita petik?
- Bagaimana
cara mengukur periode suatu getaran?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan getaran?
- Apakah
yang dimaksud dengan periode?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi.
§ Peserta
didik dapat menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari.
§ Peserta
didik dapat mengamati getaran.
§ Peserta
didik dapat membedakan antara simpangan dan amplitudo.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian periode suatu getaran.
Ø Elaborasi
§ Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian getaran.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh getaran dalam kehidupan
sehari-hari.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah mistar plastik, sebuah
gitar, sebuah bola pingpong, seutas benang, sebuah pegas, beban bermassa 50
g, dan sebuah statif.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati getaran
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§ Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman.
§ Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah
pertambahan amplitudo diikuti pertambahan periode?
- Bagaimana menentukan frekuensi suatu
getaran?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Bagaimana
kaitan antara periode dan amplitudo?
- Apakah
yang dimaksud dengan frekuensi?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
§
Guru memeriksa eksperimen yang
dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika
masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan
benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
§
Peserta didik diminta untuk membuat
kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
§
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
§
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan
pengertian frekuensi.
§
Peserta didik memperhatikan cara
menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
§
Peserta didik memperhatikan
penjelasan guru menentukan hubungan antara frekuensi dengan periode suatu
getaran.
§
Peserta didik memperhatikan contoh
soal menentukan frekuensi suatu getaran yang disampaikan oleh guru.
§
Guru memberikan beberapa soal
menentukan frekuensi suatu getaran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
§
Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
Ø Elaborasi
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kaitan antara periode dan
amplitudo.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah pegas dan sebuah beban.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati kaitan
antara periode dan amplitudo
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§ Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk
membuat rangkuman.
§ Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
Pertemuan Ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Apakah yang terjadi ketika sebutir kerikil
dilempar ke permukaan air kolam yang tenang?
- Apakah gelombang air tergolong gelombang
transversal?
- Apakah gelombang bunyi tergolong gelombang
longitudinal?
- Mengapa
gelombang yang datang dari tengah laut akan dipantulkan?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan gelombang?
-
Apakah yang dimaksud dengan gelombang transversal?
-
Apakah yang dimaksud dengan gelombang longitudinal?
-
Apa yang terjadi jika gelombang yang merambat menumbuk suatu permukaan
yang keras?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah
menggunakan alat dan bahan praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian gelombang.
§ Peserta
didik dapat mengamati gelombang pada tali.
§ Peserta
didik dapat membedakan antara gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian gelombang transversal.
§ Peserta
didik dapat menyebutkan contoh gelombang transversal.
§ Peserta
didik dapat mengamati gelombang transversal pada slinki.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian istilah-istilah yang berkaitan dengan
gelombang transversal.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian gelombang longitudinal.
§ Peserta
didik dapat menyebutkan contoh gelombang longitudinal.
§ Peserta
didik dapat mengamati gelombang longitudinal pada slinki.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian kecepatan rambat gelombang.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian panjang gelombang.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan hubungan antara periode, frekuensi, cepat rambat
gelombang, dan panjang gelombang.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan pemantulan gelombang.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan penerapan konsep gelombang dalam kehidupan
sehari-hari.
Ø Elaborasi
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil seutas tali kurang lebih 3 m dan
potongan kertas.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang
pada tali
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gelombang longitudinal.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan contoh gelombang longitudinal dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil
sebuah slinki.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati gelombang
longitudinal pada slinki.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan
dengan benar atau belum.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian hubungan antara periode,
frekuensi, cepat rambat gelombang, dan panjang gelombang.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan
baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan;
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
§
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengidentifikasi getaran pada kehidupan sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Tes isian
|
Diskripsikan
pengertian getaran !
|
Mengukur perioda
dan frekuensi suatu getaran
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Hitunglah
frekuensi suat getaran bila periodnya 25 sekon.
|
Membedakan
karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
|
Tes
unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
Disediakan
data percobaan, carilah perbedaan ciri gelombang longitudinal dan gelombang
transversal.
|
Mendeskripsikan
hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Bila
panjang gelombang 60 meter dan cepat rambat gelombang 100m/s. Hitunglah
frekuensi gelombang?
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19 NIP.
196
0 komentar:
Posting Komentar