RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar MAPEL : Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan) /Semester 1 WAKTU : 2 x
1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan Konsep Partikel Materi
B. KOMPETENSI DASAR
3.3
Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan
dengan simbol perbedaan antara molekul unsur dan molekul senyawa.
2. Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat memahami konsep struktur atom
2.
Siswa
dapat memahami perkembangan teori atom
3. Siswa
dapat mendefinisikan pengertian atom
4. Siswa
dapat memberikan contoh tentang atom
5. Siswa
dapat memahami konsep ion
6. Siswa
dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
7. Siswa
dapat memahami konsep molekul
8. Siswa
dapat memberikan contoh tentang molekul
9. Siswa
dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol.
10. Siswa
diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok.
- Ceramah.
- Eksperimen.
- Observasi.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah kamu membayangkan jika
kertas kita sobek terus-menerus
b.
Pengetahuan Prasarat
Siswa
telah memahami arti materi
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
·
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;.
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,;
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan dengan
simbol perbedaan antara molekul unsur .
·
Menunjukkan beberapa
contoh molekul sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Tes tulis
Penugasan
|
Uraian
Tugas rumah
|
Kemukakan
dengan menggunakan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur
Buatlah
daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19610413 198803 1 013 NIP.
19660102 199001 1 001
0 komentar:
Posting Komentar