RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika-Kimia
Alokasi waktu : 4 X 40’
( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.2 Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan
sehari-hari.
.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan bunyi hukum I Newton.
2.
Menyebutkan penerapan hukum I Newton dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Menyebutkan bunyi hukum II Newton.
4.
Menyebutkan penerapan hukum II Newton dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Menyebutkan bunyi hukum III Newton.
6.
Menyebutkan penerapan hukum III Newton dalam kehidupan sehari-hari.
7.
Menjelaskan
pengertian gaya gesekan.
8.
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi gaya gesekan.
9.
Membedakan
gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis.
10. Menyebutkan gaya gesekan yang bermanfaat dalam
kehidupan sehari-hari.
11. Menyebutkan gaya gesekan yang merugikan dalam
kehidupan sehari-hari.
12. Menjelaskan pengertian gaya berat.
13. Menjelaskan faktor yang mempengaruhi gaya berat di
permukaan bumi.
14. Membedakan berat dan massa suatu benda.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline) 4. Tanggung jawab (responsibility)
2. Rasa
hormat dan perhatian (respect) 5. Ketelitian
(carefulness)
3. Tekun
(diligence)
B. Materi Pembelajaran
Gaya
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct
Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Eksperimen
- Observasi - Ceramah
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan
pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Apa
yang terjadi jika mobil yang kamu tumpangi itu berhenti secara tiba-tiba?
-
Apakah yang menyebabkan kita dapat berjalan diatas lantai?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
bunyi hukum I Newton?
- Apakah bunyi hukum III Newton?
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai hukum Newton I dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum I Newton.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum II Newton.
Ø Elaborasi
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Newton tentang gerak.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan penerapan hukum II Newton dalam
kehidupan sehari-hari.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
§ Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum II Newton yang disampaikan
oleh guru.
§ Guru
memberikan beberapa soal penerapan hukum II Newton untuk dikerjakan oleh peserta
didik.
§ Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih
ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum III Newton.
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok diminta untuk mendiskusikan penerapan hukum III
Newton.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§ Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
§ Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Dapatkah kamu berjalan cepat di dalam
kolam renang?
- Apakah gaya gesekan bermanfaat bagi
kehidupan kita atau malah merugikan?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan gaya gesekan?
- Apakah
peranan gaya gesekan dalam kehidupan sehari-hari?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø
Eksplorasi
§ menjelaskan
pengertian gaya gesekan.
§ melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
§ menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembela-jaran, dan sumber belajar
lain;
Ø
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§ memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§ memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§ bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
§ melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
§ memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
E. Sumber
Belajar
a.
Buku IPA Fisika. c.
Alat dan bahan praktikum
b.
Buku referensi yang relevan d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan
percobaan tentang Hukum I Newton
|
Mendemonstrasikan hukum II Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji petik kerja prosedur
|
Lakukan
percobaan tentang hukum II Newton.
|
Mendemonstrasikan hukum III Newton
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Berikan
contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19610413 198803 1 013 NIP.
19660102 199001 1 001
0 komentar:
Posting Komentar