RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika-Kimia
Alokasi waktu : 4 X 40’
( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
5. Memahami peranan usaha, gaya,
dan energi dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya, dan pengaruhnya pada
suatu benda yang dikenai gaya.
.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan pengertian gaya.
2.
Menyebutkan macam-macam gaya.
3.
Membedakan gaya sentuh dan gaya tak
sentuh.
4. Menyebutkan beberapa contoh gaya sentuh dan gaya
tak sentuh.
5.
Mengamati perubahan yang ditimbulkan
gaya.
6.
Menuliskan diagram vektor untuk
menggambarkan gaya.
7.
Menjelaskan pengertian resultan gaya.
8.
Menentukan resultan gaya-gaya yang
searah.
9.
Menentukan resultan gaya-gaya yang
berlawanan arah.
10.
Menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
11.
Menjelaskan pengertian keseimbangan.
12. Menjelaskan syarat terjadinya keseimbangan.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki
karakter:
1. Disiplin (discipline)
2. Rasa hormat dan perhatian (respect)
3. Tekun (diligence)
4. Tanggung jawab (responsibility)
5. Ketelitian
(carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Gaya
C. Metode Pembelajaran
1.
Model : - Direct Instruction (DI) - Cooperative Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Observasi
-
Eksperimen - Ceramah
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Sebutkan macam-macam gaya
- Dapatkah
gaya diukur? Jika dapat, bagaimana cara mengukurnya?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan gaya?
- Alat
apakah yang digunakan untuk mengukur gaya?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah
dalam melakukan praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Guru
menjelaskan pengertian gaya.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai cara mengukur gaya dengan
menggunakan neraca pegas.
§ Peserta
didik memperhatikan diagram vektor untuk menggambarkan gaya yang disampaikan
oleh guru.
§ Guru
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang
topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam
takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§ Guru
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
§ Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau
lapangan.
Ø
Elaborasi
§ Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gaya.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menyebutkan macam-macam gaya.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan gaya sentuh dan
gaya tak sentuh.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh gaya sentuh dan gaya tak
sentuh.
§ Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
§ Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
§ Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil sebuah balon yang telah ditiup,
sebuah gelang karet, dan sebuah bola.
§ Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati perubahan
yang ditimbulkan gaya
§ Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
§ Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik
apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik
atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari
eksperimen yang telah dilakukan.
§ Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
§
Guru menanggapi hasil diskusi
kelompok peserta didik dan memberikan
informasi yang sebenarnya.
Ø
Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui
siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§
Guru membimbing siswa untuk membuat kesimpulan.
§ Guru
memberi tugas rumah.
|
15 menit
|
Pertemuan Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Bagaimana menentukan resultan gaya-gaya yang berlawanan
arah?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
-
Apakah yang dimaksud dengan resultan
gaya?
Ø
Pra eksperimen:
-
Berhati-hatilah dalam melakukan
praktikum.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Guru
menjelaskan pengertian resultan gaya
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai syarat terjadinya keseimbangan.
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru menentukan resultan gaya berbentuk sudut.
§ Peserta
didik memperhatikan contoh soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah, berlawanan
arah, dan berbentuk sudut yang disampaikan oleh guru.
§ Guru
memberikan beberapa soal menentukan resultan gaya-gaya yang searah,
berlawanan arah, dan berbentuk sudut untuk dikerjakan oleh peserta didik.
§ melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
§ Guru
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
§ Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
§ Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau
lapangan.
Ø
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyele-saikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§ memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§ memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
§ memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar, yaitu:
- berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
- membantu menyelesaikan masalah;
- memberi acuan agar peserta didik dapat
melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
- memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
- memberikan motivasi kepada peserta didik
yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum
d. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Melukiskan
penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun
berlawanan.
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Bila
A memiliki gaya 10 N dan B 20 N yang
arahnya sama, Hitung resultan gayanya ?
|
Membedakan besar
gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada
permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
|
Tes
unjuk kerja
|
Uji
petik kerja produk
|
Lakukan
percobaan tentang gaya gesek pada permukaan licin dan permukaan kasar lalu
bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.
|
Menunjukkan beberapa
contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
|
Tes
tulis
|
Tes
isian
|
Sebutkan
contoh gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Membandingkan berat dan massa suatu benda
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Apakah
perbedaan berat dan massa suatu benda?
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19610413 198803 1 013 NIP.
19660102 199001 1 001
0 komentar:
Posting Komentar