RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL
: Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU
: 2 x 1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Menjelaskan Konsep Partikel Materi
B. KOMPETENSI DASAR
3.1
Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
C. INDIKATOR
1. Mendefinisikan
pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
2. Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri dari
ion-ion.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Siswa
dapat memahami konsep struktur atom
2.
Siswa
dapat memahami perkembangan teori atom
3. Siswa
dapat mendefinisikan pengertian atom
4. Siswa
dapat memberikan contoh tentang atom
5. Siswa
dapat memahami konsep ion
6. Siswa
dapat memberikan contoh tentang kation dan anion
7. Siswa
dapat memahami konsep molekul
8. Siswa
dapat memberikan contoh tentang molekul
9. Siswa
dapat membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan simbol
10. Siswa diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Atom,
ion dan molekul
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok.
- Ceramah.
- Eksperimen.
- Observasi.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah kamu membayangkan jika kertas kita sobek terus-menerus
b.
Pengetahuan Prasarat
Siswa
telah memahami arti materi
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul
·
melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru melakukan diskusi informasi
kemudian siswa diminta untuk berdiskusi tentang atom, ion dan molekul
·
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendefinisikan
pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
·
Memberikan contoh
materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes PG
|
Deskripsikan
pengertian atom, ion dan molekul
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19610413 198803 1 013 NIP.
19660102 199001 1 001
0 komentar:
Posting Komentar