RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester : VIII
(Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran : Fisika-Kimia
Alokasi waktu : 4 X 40’
( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam
produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
6.3 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
A. Tujuan
Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1. Menjelaskan pengertian alat optik.
2. Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata sebagai alat
optik.
3.
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada
retina.
4. Menjelaskan daya akomodasi mata.
5. Membedakan antara daya akomodasi maksimum dan tanpa
akomodasi.
6. Membedakan antara titik dekat (punctum
proksimum) dan titik jauh (punctum remotum).
7. Menjelaskan beberapa cacat mata dan
penanggulangannya.
8.
Menjelaskan keterbatasan mata.
9.
Membuktikan keberadaan bintik buta pada retina.
10. Membuktikan penglihatan
binokuler.
11. Menjelaskan fungsi dan prinsip
kerja kamera.
12. Menjelaskan fungsi dan prinsip
kerja lup.
13. Menjelaskan fungsi dan prinsip
kerja mikroskop.
14. Menjelaskan fungsi dan prinsip
kerja teropong.
15. Menjelaskan fungsi dan prinsip
kerja periskop.
Ø Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1. Disiplin (discipline) 4. Tanggung jawab (responsibility)
2. Rasa hormat dan perhatian (respect) 5. Ketelitian (carefulness)
3. Tekun (diligence)
B. Materi Pembelajaran
Alat-alat Optik
C. Metode Pembelajaran
1. Model : - Direct Instruction (DI) - Cooperative
Learning
2. Metode : - Diskusi kelompok - Ceramah
- Eksperimen
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa
kita dapat melihat benda yang berada pada berbagai jarak dengan jelas?
- Mengapa jatuhnya bayangan bisa di depan atau di
belakang retina?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan daya akomodasi?
- Bagaimana
proses pembentukan bayangan benda pada retina?
Ø
Pra eksperimen:
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§ menjelaskan
pengertian alat optik.
§ menjelaskan
fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik.
§ menggambarkan
pembentukan bayangan benda pada retina.
§ menjelaskan
daya akomodasi mata.
§ melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas
dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§ menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§ memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan
guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Ø Elaborasi
§ Peserta
didik memperhatikan penjelasan guru mengenai fungsi bagian-bagian mata
sebagai alat optik.
§ Peserta
didik memperhatikan proses pembentukan bayangan benda pada retina yang
disampaikan oleh guru.
§ Perwakilan
peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian daya akomodasi mata.
§ Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara titik dekat
(punctum proksimum) dan titik jauh (punctum remotum).
§ Guru
memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik
lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun
kelompok.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta
produk yang dihasilkan.
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya
diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
§ Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§ Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
§ Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama
yang baik.
§
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§ Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
Ø
Motivasi dan Apersepsi:
- Mengapa
lensa kamera f / 1,0 lebih mahal daripada lensa f / 2,8?
- Bagaimana
cara mengamati benda kecil dengan menggunakan lup agar mata tidak cepat
lelah?
Ø
Prasyarat pengetahuan:
- Apakah
yang dimaksud dengan apertur?
- Bagaimana prinsip kerja lup?
|
15 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§ Peserta
didik dapat menjelaskan beberapa cacat mata dan penanggulangannya.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan keterbatasan mata.
§ Peserta didik dapat membuktikan keberadaan bintik buta
pada retina.
§ Peserta
didik dapat membuktikan penglihatan binokuler.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kamera.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja lup.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mikroskop.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja teropong.
§ Peserta
didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja periskop
§ Guru
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber
belajar lain;
§ Guru
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta
didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§ Guru
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§ Guru
memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau
lapangan.
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§ memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk
memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§ memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
§ memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§ memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§ memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§ memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat,
maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§ memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
§ memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang
telah dilakukan,
|
50 menit
|
3.
|
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan
penutup, guru:
§
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
§
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
§ merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
15 menit
|
E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Fisika
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
F. Penilaian
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
|
Tes
tulis
|
Tes isian
|
Apakah
funsi mata?
|
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
Menjelaskan
beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Gambarkan
pembentukan bayangan pada retina?
|
Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
Menjelaskan
konsep lup sebagai alat optik
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Apakah
perbedaan antara mata dan kamera
sebagai alat optik?
|
Menjelaskan cara
kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai
jenis teropong, periskop dan sebagainya
|
Tes
tulis
|
Tes uraian
|
Jelaskan
cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga terbentuk bayangan.
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19 NIP.
19
0 komentar:
Posting Komentar