WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-"FISIKA" SMP NEGERI 1 BANCAR - TUBAN

Kamis, 15 November 2012

6.3 Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                             :   SMP Negeri 1 Bancar
Kelas / Semester           :   VIII (Delapan) / II (Dua)
Mata Pelajaran               :   Fisika-Kimia
Alokasi waktu                 :   4 X 40’ ( 2 X pertemuan )
Standar Kompetensi
6.      Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang, dan optika dalam produk teknologi sehari-hari.
Kompetensi Dasar
6.3  Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
 
A.      Tujuan Pembelajaran
Ø Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian alat optik.
2.      Menjelaskan fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik.
3.      Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina.
4.      Menjelaskan daya akomodasi mata.
5.      Membedakan antara daya akomodasi maksimum dan tanpa akomodasi.
6.      Membedakan antara titik dekat (punctum proksimum) dan titik jauh (punctum remotum).
7.      Menjelaskan beberapa cacat mata dan penanggulangannya.
8.      Menjelaskan keterbatasan mata.
9.      Membuktikan keberadaan bintik buta pada retina.
10.    Membuktikan penglihatan binokuler.
11.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kamera.
12.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja lup.
13.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mikroskop.
14.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja teropong.
15.    Menjelaskan fungsi dan prinsip kerja periskop.
Ø   Peserta didik diharapkan memiliki karakter:
1.     Disiplin (discipline)                                                                4.     Tanggung jawab (responsibility)
2.     Rasa hormat dan perhatian (respect)                                5.     Ketelitian (carefulness)
3.     Tekun (diligence)

B.     Materi Pembelajaran
        Alat-alat Optik

C.     Metode Pembelajaran
1.      Model       :     -     Direct Instruction (DI)                                   -       Cooperative Learning    
2.      Metode     :     -     Diskusi kelompok                                        -       Ceramah          
                                 -      Eksperimen

D.     Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi dan Apersepsi:
-     Mengapa kita dapat melihat benda yang berada pada berbagai jarak dengan jelas?
-    Mengapa jatuhnya bayangan bisa di depan atau di belakang retina?
Ø Prasyarat pengetahuan:
-     Apakah yang dimaksud dengan daya akomodasi?
-     Bagaimana proses pembentukan bayangan benda pada retina?
Ø Pra eksperimen:
-     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§  menjelaskan pengertian alat optik.
§  menjelaskan fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik.
§  menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina.
§  menjelaskan daya akomodasi mata.
§  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
§  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Ø Elaborasi
§  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai fungsi bagian-bagian mata sebagai alat optik.
§  Peserta didik memperhatikan proses pembentukan bayangan benda pada retina yang disampaikan oleh guru.
§  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian daya akomodasi mata.
§  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara titik dekat (punctum proksimum) dan titik jauh (punctum remotum).
§  Guru memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
§  Guru memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
§  Guru memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
§  Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan.
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Ø Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
50 menit
3.
Kegiatan Penutup
§  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
§  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
15 menit


         Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
Ø Motivasi dan Apersepsi:
-     Mengapa lensa kamera f / 1,0 lebih mahal daripada lensa f / 2,8?
-     Bagaimana cara mengamati benda kecil dengan menggunakan lup agar mata tidak cepat lelah?
Ø Prasyarat pengetahuan:
-     Apakah yang dimaksud dengan apertur?
-     Bagaimana prinsip kerja lup?
15 menit
2.
Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
§  Peserta didik dapat menjelaskan beberapa cacat mata dan penanggulangannya.
§  Peserta didik dapat menjelaskan keterbatasan mata.
§  Peserta didik dapat membuktikan keberadaan bintik buta pada retina.
§  Peserta didik dapat membuktikan penglihatan binokuler.
§  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja kamera.
§  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja lup.
§  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja mikroskop.
§  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja teropong.
§  Peserta didik dapat menjelaskan fungsi dan prinsip kerja periskop
§  Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
§  Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
§  Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§  Guru memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
§  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
§  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
§  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
§  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
§  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;.
Ø Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
§  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
§  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
§  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
50 menit
3.
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
§  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
§  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
§  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
§  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
15 menit

E.     Sumber Belajar
a.     Buku IPA Fisika
b.     Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.     Alat dan bahan praktikum


F.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
Tes tulis

Tes isian
Apakah funsi mata?

Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
Tes tulis

Tes uraian

Gambarkan pembentukan bayangan pada retina?

Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
Menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik
Tes tulis

Tes uraian

Apakah perbedaan antara  mata dan kamera sebagai alat optik?

Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya
Tes tulis

Tes uraian

Jelaskan cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga terbentuk bayangan.


Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19                                                                                                                         NIP. 19

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More