RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL
: Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU
: 4 x 1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami bahan kimia dalam kehidupan
B. KOMPETENSI DASAR
4.4 Mendeskripsikan
sifat pengaruh zat adiktif dan psikotropika
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan pengertian zat adiktif dan zat
psikotropika.
2. Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan
minuman keras) dan zat psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan pengertian psikotropika
2.
Siswa
dapat menyebutkan pengertian zat adiktif
3.
Siswa
dapat memberikan beberapa contoh zat psikotropika
4. Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
5.
Siswa
diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Zat
Adiktif dan psikotropika
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok.
- Ceramah.
- Eksperimen.
- Observasi.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah kamu
melihat orang yang mabuk sehingga tidak sadarkan diri
b.
Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jangan sampai mencoba-coba minum
minuman keras dan obat terlarang
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat menyebutkan pengertian
psikotropika
·
Siswa dapat menyebutkan pengertian
zat adiktif
·
Siswa dapat memberikan beberapa
contoh zat psikotropika
·
Siswa dapat memberikan beberapa contoh zat adiktif
·
melibatkan peserta didik mencari
informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari
dan belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
·
memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
·
melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok
·
Guru membimbing kegiatan diskusi
informasi tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
·
Guru membimbing kepada siswa agar
mencari contoh-contoh zat adiktif dan psikotropika
·
Melakukan diskusi-informasi tentang
efek samping dari zat adiktif dan psikotropika
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
·
memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
o
berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi
kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
o
membantu menyelesaikan masalah;
o
memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
o
memberi informasi untuk bereksplorasi
lebih jauh;
o
memberikan motivasi kepada peserta
didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
·
Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan
minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes
uraian
|
Apa
yang dimaksud dengan :
a.
Zat adiktif
b.
Zat psikotropika
Jelaskan
dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19 NIP.
19
0 komentar:
Posting Komentar