RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH
: SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL
: Fisika-Kimia
KELAS /SMT
: VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU
: 4 x 1 jam pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
B. KOMPETENSI DASAR
4.2
Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
C. INDIKATOR
1. Mengidentifikasi
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
2. Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat
dalam produk kebutuhan rumah tangga.)
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Siswa
dapat menyebutkan Kegunaan dan efek samping bahan kimia
2.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum
3.
Siswa
dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama
4. Siswa
dapat mengetahui Kegunaan dan efek samping bahan kimia
5. Siswa
dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan
bahan-bahan kimia.
6.
Siswa
diharapkan memilki karakter:
w Disiplin ( Discipline )
w Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w Tekun ( diligence )
w Tanggung jawab ( responsibility )
w Ketelitian ( carefulness)
E. MATERI BELAJAR
Kegunaan dan efek samping bahan kimia
F. METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode
: - Direct Instruction (DI).
- Cooperative Learning.
2. Model Pembelajaran : - Diskusi kelompok.
- Ceramah.
- Eksperimen.
- Observasi.
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan:
a.
Motivasi
Pernahkah kamu mencium bau yang
khas dari sabun mandi
b.
Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jika mencium dari
larutan yang berbahaya (pestisida)
|
15
Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti:
a. Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·
Siswa dapat mengetahui Kegunaan dan efek samping bahan kimia
·
melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan
belajar dari aneka sumber;
·
menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
b. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·
Memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
·
memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·
memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
c. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
memberikan umpan balik positif dan
penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
·
memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·
memfasilitasi peserta didik melakukan
refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
|
50
Menit
|
3.
|
Penutup :
Dalam kegiatan
penutup, guru:
·
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
·
melakukan penilaian dan/atau refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·
memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
·
merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
|
15
Menit
|
G. SUMBER
BELAJAR
a. Buku IPA Terpadu 8
b. Buku referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Alat dan bahan praktikum
H. PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengidentifikasi
fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·
Mengidentifikasi
efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk
|
Tes tulis
Tes
unjuk kerja
|
Tes PG
Tes identifikasi
|
Tentukan
efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan berikut ini!
|
Mengetahui, Bancar,
Kepala
SMP Negeri 1 Bancar Guru
Mapel. Fisika
Drs.
Sutrisno. M.Si. Sajidin, S.Pd
NIP.
19 NIP.
19
0 komentar:
Posting Komentar