WARUNG DUKUMENTASI PERANGKAT MENGAJAR IPA-"FISIKA" SMP NEGERI 1 BANCAR - TUBAN

Kamis, 15 November 2012

4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RPP)
SEKOLAH             :  SMP Negeri 1 Bancar
MAPEL                  :  Fisika-Kimia
KELAS /SMT        :  VIII (Delapan)/Semester 1
WAKTU                 :   4 x 1 jam pelajaran

A.    STANDAR KOMPETENSI
        4.     Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan

B.    KOMPETENSI DASAR
        4.2  Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia

C.   INDIKATOR
1.     Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk.
2.     Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga.)

D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
1.     Siswa dapat menyebutkan Kegunaan dan efek samping bahan kimia
2.     Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam bahan pengharum
3.     Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam pembasmi hama
4.     Siswa dapat mengetahui Kegunaan dan efek samping bahan kimia
5.     Siswa dapat mengetahui cara mencegah efek samping yang ditimbulkan akibat penggunaan bahan-bahan kimia.
6.     Siswa diharapkan memilki karakter:
w  Disiplin ( Discipline )
w  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
w  Tekun ( diligence )
w  Tanggung jawab ( responsibility )
w  Ketelitian ( carefulness)

E.    MATERI BELAJAR
Kegunaan dan efek samping bahan kimia

F.     METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
1.     Metode                                  :  - Direct Instruction (DI).
                                                            - Cooperative Learning.
2.     Model Pembelajaran         :  - Diskusi kelompok.   
  - Ceramah.
                                                                    - Eksperimen.
                                                                    - Observasi.

G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1 dan 2
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan:
a.    Motivasi
Pernahkah kamu mencium bau yang khas dari sabun mandi
b.    Pengetahuan Prasarat
Hati-hati jika mencium dari larutan yang berbahaya (pestisida)

15 Menit
2.
Kegiatan Inti:
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat mengetahui Kegunaan dan efek samping bahan kimia
·         melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber;
·         menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;

b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
·         memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
·         memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
·         memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
c.   Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
·         memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
·         memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
50 Menit
3.
Penutup :
Dalam kegiatan penutup, guru:
·         bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
·         melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
·         memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
·         merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
15 Menit

G.    SUMBER BELAJAR
a.    Buku IPA Terpadu 8
b.    Buku referensi yang relevan
c.     Lingkungan
d.    Alat dan bahan praktikum

H.     PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·        Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes PG


Tes identifikasi
Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan berikut ini!

Mengetahui,                                                                                                                 Bancar,
                Kepala SMP Negeri 1 Bancar                                                                                 Guru Mapel. Fisika
                           



                Drs. Sutrisno. M.Si.                                                                                                  Sajidin, S.Pd
                NIP. 19                                                                                                                         NIP. 19

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More